Campus

Campus
Universitas Gunadarma

Senin, 08 Maret 2010

Tugas Ke Satu

Jelaskan tentang Etika & Profesional ?

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi dan menentukan isu-isu etis. Salah satu cara yang paling umum mengkategorikan pendekatan ini adalah aturan kriteria vs konsekuensi. Yang pertama berpendapat bahwa perbuatan kita harus dibimbing oleh aturan umum atau prinsip-prinsip: tidak merugikan; mengatakan yang sebenarnya, jangan mencuri, menghormati orang. Yang kedua berpendapat bahwa kita harus menilai kebenaran dari suatu tindakan atau keputusan dengan konsekuensi yang mungkin akan terjadi. Paling umum pendekatan kedua mengidentifikasi beberapa nilai atau nilai-nilai, dan mengukur tindakan oleh sejauh mana nilai-nilai ini atau tidak disempurnakan, atau kemajuan yang dibuat ke arah tujuan tertentu, seperti kehidupan yang lebih baik untuk semua.

Etika adalah Bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan, Dilarang melakukan Pembajakan, Dilarang melakukan Penipuan dan Penyalahgunaan Kekuasaan, Berkewajiban Menghormati Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dan Dilarang Melakukan Sabotase Hukum.

Profesional adalah memahami kode etik sebagai seorang profesional, dengan mementingkan asas kejujuran dan keadilan baru bisa jadi orang yang profesional.

Salah satu hal yang membedakan sifat setiap profesi adalah adanya kode perilaku profesional atau etika bagi para anggotanya. Perilaku etika memerlukan perimbangan lebih daripada aturan perilaku dan pengaturan aktivitas. Etika profesional harus lebih luas daripada prinsip-prinsip moral. Harus mencakup standar perilaku utk seorang profesional yg dirancang baik utk tujuan praktis maupun tujuan ideal. Harus dapat mendorong perilaku ideal, tetapi pada saat yg sama harus realistis dan dapat dipaksakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar